Kalender Akademik

Kalender Akademik

Download
Jadwal Perkuliahan

Jadwal Perkuliahan

Download

Jadwal UAS

Kurikulum 2015

Download

Postingan

Pada tanggal 30 September 2018 telah dilaksanakan Dies Natalis ke 17 tahun sekaligus Syukuran atas tercapainya Akreditasi A Ilmu Kelautan Universitas Sriwijaya di Gedung Serbaguna MAN 3 Palembang

Dalam acara ini turut dihadiri Ketua POSSI Sumatera Selatan , Wakil Rektor 2 Universitas Sriwijaya, Dosen beserta Staff Ilmu Kelautan, Alumni Ilmu Kelautan dan tentunya mahasiswa aktif Ilmu Kelautan, Universitas Sriwijaya.

 

Berikut cuplikan acara dies natalis : 

 

 

 

 

 

Kegiatan Pengabdian di Pulau Semambu

Pada tanggal 22 September diselenggarakan kegiatan pengabdian yang merupakan agenda rutin Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya. Kali ini Jurusan Ilmu Kelautan menjadi penyelenggara kegiatan Pengabdian.

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di desa Pulau Semambu, Kab. Ogan Ilir, Sumatera Selatan

Kegiatan ini memiliki 3 judul yaitu:

Kemudian,

dan

Pada kegiatan ini juga turut mengundang anak-anak dari beberapa SD di Inderalaya dan juga di Palembang.

 

 

Berikut cuplikan foto kegiatan pengabdian:

 

 

 

Pada Tanggal 1 Agustus 2018 yaitu hari Rabu telah dilaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) Universitas yang dilaksanakan di kampus Universitas Sriwijaya Indralaya, tepatnya di Lapangan UNSRI dan Auditorium Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya

Universitas Sriwijaya juga dalam kesempatan ini menggelar pemecahan rekor dunia Indonesia mengenakan tanjak oleh mahasiswa terbanyak yang diselenggarakan dalam rangka Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) bertempat di Auditorium Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya.

Kemudian, pada hari kedua yaitu pada tanggal 2 Agustus 2018 bertepatan pada hari kamis, PK2 UNSRI dilaksanakan di fakultas masing-masing, dalam hal ini Jurusan Kelautan melaksanakan PK2 di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Pada kesempatan tersebut turut diundang perwakilan alumni dari setiap jurusan FMIPA Universitas Sriwijaya yang telah bekerja di beberapa instansi baik itu pemerintah, swasta nasional dan internasional serta wirausahawan, yaitu Andi Irawan, S.Si., M.Sc. dari Pemprov Kepulauan Riau (Alumni Jurusan Kimia angkatan 1995), Agung Laksana, S.Si. dari PT. Sumatera Prima Fibreboard (Alumni Jurusan Biologi angkatan 2002), Meiki Napolion, S.Si., MM. dari PT. Royal Caribbean Cruise International (Alumni Jurusan Matematika angkatan 2003), Cherry Chrisanty, S.Si., apoteker dari PT. Dexa Medica (Alumni Program Studi Farmasi angkatan 2011) dan Freddy Supriyadi, S. Kel., peneliti di BRPPUPP (Alumni Program Studi Ilmu Kelautan, angkatan 2004).

Dalam hal ini alumni dari Jurusan Ilmu Kelautan yaitu bapak Freddy Supriyadi, S.Kel, menyampaikan pengalaman selama menjadi mahasiwa sampai bekerja di instansi BRPPUPP sebagai peneliti. Motivasipun diberikan  kepada para mahasiswa baru agar terus bersemangat dalam menuntut ilmu. Ilmu yang didapat selama dibangku kuliah sangat bermanfaat dalam dunia kerja. Mahasiswa diharapkan untuk bersyukur telah diterima di Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya.  Hal serupa disampaikan para perwakilan alumni dari jurusan lain. Bagi BRPPUPP, acara ini merupakan bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan dan sebagai kolaborasi antara riset dan pengembangan sumberdaya manusia.

  

Pada hari ke 3, tepatnya pada tanggal 3 Agustus 2018, yaitu hari Jumat, dilaksanakan PK2 Hari ke 3 di Jurusan Ilmu Kelautan. Kegiatan ini dibuka oleh Sekretasi Jurusan Ilmu Kelautan, yaitu Ibu Dr.Riris Aryawati ST.,M.Si. dan kemudian dilanjutkan dengan pengenalan para dosen, staff, dan analis jurusan Ilmu Kelautan, dan kemudian turut dihadiri oleh alumni Ilmu Kelautan angkatan tahun 2001 yaitu Rinto Novrizal Manurung, S.Si dan Junaidi Hendriyanto, S.Si. Selanjutnya dilakukan penyerahan cinderamata kepada bapak Tengku Zia Ulqodry selaku Ketua Jurusan Ilmu Kelautan FMIPA Universitas Sriwijaya.

   


  

 

 

 

 

Kegiatan Workshop ini dilaksnakan pada tanggal 21 Agustus 2018 dengan mengangkat tema :

"TIPS & TRIK MENULIS BUKU BER E-ISBN SEBAGAI PENUNJANG KENAIKAN PANGKAT/JABATAN FUNGSIONAL DOSEN" 

Kegiatan ini berlangsung di ruang seminar Ilmu Kelautan FMIPA UNSRI

Adapun narasumber dalam kegitan workshop ini adalah bapak Edy S. Mulyanta S.Si, MT. sebagai Manager Operational Penerbit Andi Yogyakarta

Dalam kegiatan ini turut hadir Dekan FMIPA UNSRI, Ketua Jurusan Ilmu Kelautan, Staff dan Dosen Ilmu Kelautan serta peserta lain yang turut hadir dalam kegiatan yang diselanggarakan ini.

 

 

 

Jumat, 6 Juli 2018, Program Studi Ilmu Kelautan, FMIPA, Universitas Sriwijaya kedatangan Asesor Akreditasi BAN PT, dalam rangka akreditasi Prodi Ilmu Kelautan. Dalam acara tersebut dihadiri oleh seluruh Staff Dosen dan Tenaga Kependidikan Program Studi Ilmu Kelautan, Unsur Pimpinan Fakultas MIPA Univerisitas Sriwijaya dan Perwakilan stakeholder dalam hal ini Alumni dan Instansi User Alumni, yaitu Perwakilan Unsur Pemerintah Daerah dari Dinas Perikanan Kabupaten Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, dari sektor swasta diwakili oleh PT. Musi Hutan Persada dan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yaitu BRPPUPP yang diwakili oleh Freddy Supriyadi, S.Kel sebagai Alumni dan Ir. Syarifah Nurdawati, M.Si (Peneliti Senior/PJ.Riset) Sebagai User/Pengguna Alumni.

Acara dibuka oleh Prof. Dr. Ishaq Iskandar, M.Sc, selaku Dekan FMIPA Universitas Sriwijaya, dalam arahan nya disampaikan bahwa acara ini merupakan bagian dari proses penilaian dan akreditasi terhadap Program Studi Ilmu Kelautan yang diharapkan dapat memberikan hasil yang terbaik untuk kemajuan Program Studi.

Kemudian Asesor BAN PT yaitu Dr.Ir.Sukenda, M.Sc dari Institut Pertanian Bogor dan Prof.Dr.Ir.Feliatra, DEA dari Universitas Riau menyampaikan bahwa Wawancara dengan Stakeholder ini bertujuan melihat sejauh mana Ilmu yang didapat di Program Studi Ilmu Kelautan dapat berguna dalam dunia Kerja.

Perwakilan dari User Alumni Ir. Syarifah Nurdawati, M.Si menyampaikan bahwa Semua Alumni Ilmu Kelautan Universitas Sriwijaya yang berkerja di BRPPUPP memiliki integritas dan Dedikasi yang tinggi terhadap tugas pekerjaan yang diberikan oleh pimpinan. Kemudian Perwakilan Alumni Freddy Supriyadi, S.Kel menyampaikan Terima Kasih Karena Ilmu yang diperoleh selama Kuliah di Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Sriwijaya sangat bermanfaat dalam dunia Kerja, dalam hal ini sangat menunjang Tugas sebagai Peneliti di BRPPUPP dan memberikan saran kepada program studi Ilmu Kelautan agar terus memperbarui Kurikulum sesuai dengan tuntutan zaman, hal yang hampir serupa juga dikatakan oleh para stakeholder dalam hal ini alumni dan Perwakilan Instansi User Alumni lainnya. Acara Ditutup pada akhir kegiatan oleh T. Zia Ulqodry, M.Si, Ph.D Selaku Ketua Program Studi Ilmu Kelautan dan diakhiri foto bersama.

 

Link BRPPUPP Palembang

Search

Akses Cepat

Unsri

 

Who's Online

We have 5 guests and no members online

Go to Top
Template by JoomlaShine